Selayang Pandang

Pondok Pesantren Islam Al Bayyinah berada di desa Sedagaran kecamatan Sidayu kabupaten Gresik yang dipimpin oleh Al Ustadz Abu Ilyas Agus Su’aidi hafizhohullah. Pada proses pendiriannya sendiri mengalami beberapa tahapan dan perkembangan yang diawali dari pengajaran les privat Bahasa Arab beberapa santri yang dilaksanakan di sepetak gudang milik salah satu kerabat beliau hingga sekarang terus berkembang pesat, walhamdulillah semua atas nikmat karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala semata.


Visi & Misi

Dalam pendirian Pondok Pesantren Islam Al Bayyinah tentunya tidak terlepas dari Visi & Misi yang melatarbelakangi, karena dengan Visi & Misi yang telah tertancap dalam hati sanubari tentunya menjadi penyemangat dalam menjalani dakwah ini yang penuh rintangan nan berduri.

Adapun yang menjadi Visi & Misi tersebut adalah sebagai berikut :

Visi

  1. Mengajarkan ilmu agama yang benar, berdasar alQuran dan Hadits, melalui pemahamannya para salafus sholih yakni para sahabat, tabiin, tabiut-tabiin, serta para ulama yang diikuti jejak langkah mereka secara istiqomah.
  2. Pengkaderan kepada pemuda pemudi agar bisa mengembangkan ajaran di daerah masing-masing.

Misi

  1. Menyebarkan ilmu agama yang benar ditengah masyarakat dengan harapan mereka memahami agama yang baik, beribadah yang benar.

Struktur Organisasi

Dalam menjalankan roda Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) agar dapat berjalan profesional tentunya dibutuhkan kerja sama, sinergi dan koordinasi yang baik dari para Pengampu, Pembina, Pengajar, Pengurus, Sekretaris, Bendahara Wali Santri, Santri Putra & Putri dan para pihak lainnya. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam bingkai Struktur Organisasi. Adapun bagan struktur organisasi di Pondok Pesantren Islam Al Bayyinah adalah sebagai berikut :

strukorg


Sistem Pendidikan

Terdapat beberapa Lembaga dan Program dalam sistem pendidikan Pondok Pesantren Islam Al Bayyinah yang mana para tholib yang haus akan ilmu agama dapat menimba ilmu di Pondok Pesantren Islam Al Bayyinah sesuai dengan jejangnya masing-masing.

Berikut ini adalah Lembaga dan Program pendidikan di Pondok Pesantren Islam Al Bayyinah :

  1. Ma’had Tarbiyatus Syabab (MTS)
    Pada lembaga Ma’had Tarbiyatus Syabab (MTS), terdapat 2 program yakni :
    1. Program Diniyah, pada program tersebut dilakukan selama 3-tahun bagi santri putra dengan batas usia 16-tahun.
    2. Program Lughoh, pada program tersebut dilakukan selama 2-tahun bagi santri putra dengan batas usia 16-tahun
  2. Ma’had Tarbiyatun Nisa’ (MTN)
    Untuk lembaga Ma’had Tarbiyantun Nisa’ (MTN) juga memiliki dua program yang sama, yakni:
    1. Program Diniyah, pada program ini dilakukan selama 2-tahun untuk santri putri dengan batas usia 16-tahun.
    2. Program Lughoh, pada program lughoh di MTN dilakukan selama 1 tahun untuk santri putri dengan batas usia 16-tahun.
  3. Ma’had Tahfidzul Quran (MTQ)
    Ma’had Tahfidzul Qur’an (MTQ) merupakan program penghafalan Al Quran yang dilakukan selama 6 tahun untuk santri putra maupun putri dengan usia maksimal 8-12 th.
  4. Ma’had Tarbiyatul Fata (MTF)
    Ma’had Tarbiyatul Fata (MTF) merupakan program itqonul Quran (pemutqinan hafalan) dan ilmu agama, program tersebut ditempuh oleh santri selama 3 tahun terdiri dari santri putra maupun putri.
  5. Ma’had Tarbiyatul Athfal (MTA)
    Ma’had Tarbiyatul Athfal (MTA) ini merupakan Program pendidikan kanak-kanak yang terpadu yang dilakukan pembelajaran selama 2 tahun untuk santri putra-putri yang telah berusia 5 tahun.

Aktifitas Sosial

Agama Islam adalah agama yang sempurna, dimana bimbingannya menyeluruh meliputi perkara Akidah, Manhaj, Ibadah, Fikih, Muamalah, Adab & Akhlak dan seterusnya, dari perkara yang paling penting ke perkara penting berikutnya, dari yang besar hingga yang terkecil dan semuanya itu tidak usang oleh zaman. Nah termasuk diantara bimbingan Islam adalah mengatur bagaimana kita berinteraksi dengan sesama manusia. Sehingga aktifitas sosial kemasyarakatan merupakan ajang pengamalan dari ilmu agama yang sedang atau telah dipelajari dalam kelas.

Beberapa diantara aktifitas sosial kemasyaraktan yang pernah dilakukan namun tidak terbatas pada aktiitas berikut:

  1. Pemeriksaan kesehatan massal
  2. Khitanan massal
  3. Penerimaan dan pembagian zakat, baik zakat fitr maupun zakat mall
  4. Pembagian paket sembako
  5. Berpartisipasi aktif dalam usaha pencegahan penyebaran virus covid-19 diantaranya dengan penyemprotan disinfektan, pembagian master dan sosialiasi baik kepada intern Pondok ataupun masyarakat sekitar